Kawan Pintar

logo_kp

Belajar Efektif Saat Pandemi? Pasti Bisa!

Bagaimana, sih, belajar yang efektif itu? Simak tips-tips belajar efektif agar kamu jadi siswa cerdas dengan KawanPintar!

Pandemi membuat semua orang harus beraktivitas di rumah untuk mengurangi penyebaran virus. Semua pekerjaan harus dilakukan di rumah. Perkantoran tutup dan menghimbau karyawannya untuk bekerja dari rumah. Begitu pula dengan sekolah. Hanya kegiatan-kegiatan esensial saja yang masih diperbolehkan beraktivitas di luar rumah seperti jasa antar barang dan makanan juga restoran dan supermarket.

Sekolah yang ditutup membuat para guru dan siswanya harus melaksanakan kegiatan belajar mengajar di rumah. Guru harus mengajar dari rumah menggunakan gawai dan aplikasi panggilan video. Murid pun juga harus beradaptasi dengan cara belajar yang baru yaitu mendengarkan penjelasan guru dari rumah melalui gawai mereka. Rasanya sulit untuk beradaptasi dengan kegiatan belajar mengajar yang baru. Apalagi ketika semua kegiatan dilakukan di rumah, ada saja yang mengganggu perhatian ketika sedang belajar, entah itu orang tua yang meminta tolong atau suara bising dari luar rumah. Untuk itulah diperlukan strategi agar belajar menjadi efektif. 

Pentingnya Belajar Secara Efektif

Lantas apa itu belajar efektif? Bagaimana caranya supaya belajar menjadi efektif? Apa saja kiat-kiatnya? Apakah strategi belajar di rumah berbeda dengan strategi belajar di sekolah? Apa pentingnya belajar efektif, terutama belajar efektif di rumah?

Pada dasarnya, belajar efektif adalah kondisi di mana kita menyerap materi pelajaran yang diajarkan secara maksimal. Hal ini dilakukan tidak terus-menerus melainkan dilakukan pada waktu-waktu tertentu agar tidak cepat jenuh. Belajar efektif penting agar kita dapat menyerap pelajaran dengan baik di sekolah. Dengan begitu, pelajaran menjadi mudah dimengerti. Ini berguna untuk perkembangan kita nantinya. Apakah kita bisa memahami atau tidaknya itu tergantung dengan seberapa efektif kita belajar. Jika belajarnya efektif, dapat dipastikan hasil yang kita dapat di sekolah juga akan baik. Kita akan memahami materinya dan ia juga akan dengan mudah mengerjakan soal-soal ulangan di sekolahnya. Sebaliknya, jika belajarnya tidak efektif, hasilnya pun juga tidak akan bagus. Materi pelajaran menjadi sulit untuk dipahami dan kita tidak bisa mengerjakan soal-soal ulangan.

Waktu Tertentu Untuk Belajar

Waktu yang tepat untuk belajar
Waktu

Pernah dengar stereotip tentang waktu belajar yang baik? Apakah benar ada waktu-waktu terbaik untuk belajar? Kalau ada, kira-kira kapan saja waktu terbaik untuk belajar?

Banyak orang beranggapan bahwa waktu terbaik untuk belajar adalah pagi dan malam hari. Maka dari itu, sekolah dimulai pada pagi hari dan malam harinya kita gunakan untuk mengulang pelajaran yang sudah diajarkan di sekolah tadi pagi. Bahkan ada juga yang menganjurkan untuk belajar pada dini hari dengan alasan lebih tenang dan otak lebih mudah menyerap materi. Namun, kenyataannya waktu belajar tiap orang berbeda-beda dan sangat fluktuatif, tergantung dengan ritme dan rutinitas kehidupan orang tersebut. 

Sejatinya, waktu belajar yang baik adalah yang tidak mengganggu waktu istirahat manusia pada malam hari. Pagi hari adalah waktu belajar yang baik, tepatnya pada pukul 6 pagi hingga 2 siang. Pada saat itu otak kita berada pada fungsi terbaiknya. Pikiran menjadi lebih jernih dan pencahayaan pada pagi hari juga mendukung untuk belajar. Siang hari, tepatnya pada pukul 2 siang hingga 3 sore, adalah jam-jam di mana rasa kantuk muncul. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan manusia sedang bekerja sehabis makan siang, sehingga pasokan oksigen ke otak menurun. Namun, hal ini tentu bisa disiasati dengan meningkatkan sirkulasi darah ke otak. Minum air putih dan melakukan peregangan bisa dilakukan agar tubuh makin rileks dan siap untuk belajar. Sore hari, tepatnya pukul 3 sore hingga 9 malam, juga merupakan waktu yang tepat untuk belajar. Pada waktu ini, suasana menjadi lebih hening dan tenang sehingga distraksi untuk belajar menjadi lebih minim. Ide-ide kreatif juga muncul sehingga kita dapat memahami pelajaran lebih mudah. Malam hari, tepatnya pukul 9 malam hingga 6 pagi, adalah waktu yang tidak tepat untuk belajar. Pada waktu tersebut, tubuh manusia membutuhkan istirahat setelah seharian penuh beraktivitas. Istirahat pun penting guna menyiapkan tubuh untuk menyerap pelajaran yang diberikan keesokan harinya. Jika tubuh kita kurang istirahat, materi pelajaran akan sulit masuk ke otak.

Strategi Belajar Efektif di Sekolah Versus di Rumah

Strategi belajar di rumah yang efektif

Beda tempat, beda pula caranya. Strategi belajar efektif di sekolah tentu berbeda dengan di rumah. Jika di sekolah kita belajar secara tertib karena adanya jadwal dan silabus, lain halnya dengan belajar di rumah ketika kita tidak punya jadwal yang pasti. Cara penyampaian materi di sekolah juga sudah dirancang sedemikian rupa oleh guru sehingga kita bisa duduk tenang sambil mendengarkan pelajaran. Lingkungan sekolah yang kondusif ketika belajar juga tidak akan membuat kita mudah terdistraksi sehingga pelajaran pun lebih cepat menyerap. Hal ini membuat strategi belajar di sekolah menjadi lebih mudah diterapkan. Kita hanya perlu mendengarkan guru menerangkan, mencatat hal-hal yang perlu, membuat rangkuman, dan mengerjakan tugas-tugas jika ada. Namun, semua hal tersebut menjadi lebih menantang ketika kita lakukan di rumah karena yang tadinya kita terbiasa dengan keteraturan dan ketertiban sekolah, sekarang kita harus belajar daring dari rumah. Maka dari itu diperlukan strategi belajar efektif agar kita dapat menyerap materi dengan baik. Berikut ini adalah tips belajar efektif di masa pandemi.

1. Terapkan cara belajar di sekolah ketika belajar di rumah

Kebiasaan belajar di sekolah bisa kita terapkan ketika kita belajar di rumah. Jika di sekolah kita belajar tatap muka dengan guru, di rumah kita berinteraksi dengan guru lewat gawai masing-masing. Namun, cara kita belajar kurang lebih akan sama dengan ketika kita belajar di sekolah, apalagi jika kita mengikuti kelas di sekolah atau kuliah. Kita akan mendengarkan guru menerangkan, mencatat hal-hal yang perlu, membuat rangkuman pelajaran, dan mengerjakan tugas yang diberikan. Dengan begitu belajar di rumah akan lebih efektif.

2. Buat rencana dan jadwal

Rencana dan jadwal berguna agar kita tidak bingung mau mempelajari apa dan kapan mempelajarinya. Jika sudah punya rencana dan jadwal dari sekolah, maka pakailah jadwal yang ada. Namun, jika belajar sendiri, rencana dan jadwal bisa kita buat sendiri untuk menjadi acuan kita dalam belajar. Rencana dan jadwal pastinya disesuaikan dengan aktivitas kita sehari-hari, tentunya yang tidak memberatkan diri kita sampai harus mengorbankan waktu istirahat untuk belajar. Rencana dan jadwal belajar yang baik adalah rencana dan jadwal yang seimbang.

3. Disiplin dengan jadwal yang sudah dibuat

Ketika rencana dan jadwal sudah dibuat, tugas kita adalah menepati rencana dan jadwal tersebut. Biasakan diri untuk tidak menunda-nunda ketika sudah jadwalnya belajar. Dengan begitu, secara otomatis kita akan terbiasa dengan jadwal yang sudah kita buat. Alhasil, kita bisa jadi lebih produktif karena kita telah mempelajari hal yang sudah kita jadwalkan. Itulah mengapa kita harus membuat rencana dan jadwal yang masuk akal dan realistis agar belajar efektif dapat dicapai.

4. Cobalah untuk fokus

Salah satu masalah yang menjadi penghambat belajar di rumah adalah distraksi. Suara bising dari orang rumah atau tetangga, hewan peliharaan yang minta diajak main, atau distraksi lainnya seperti sosial media, game, TV, dan sumber hiburan lain. Mungkin sulit untuk fokus di saat lingkungan rumah sedang bising, maka dari itu cobalah untuk mencari jam belajar yang cukup kondusif seperti pada siang hari ketika orang-orang tidur siang. Atau bisa juga cari tempat belajar yang minim distraksi seperti perpustakaan. Selama jam belajar, cobalah hindari bermain ponsel terlebih dahulu agar kita tidak terdistraksi. Dengan begitu, kita bisa fokus belajar dan belajar menjadi efektif.

5. Buat suasana belajar yang nyaman

Nyaman menurut tiap orang tentu berbeda-beda, tetapi suasana yang nyaman tentu bisa membuat sesi belajar kita menjadi efektif. Ada orang yang nyaman belajar di meja belajar, ada pula orang nyaman belajar di kasur. Ada orang yang nyaman belajar dengan alunan musik, ada juga yang tidak. Apa pun itu, asal nyaman dan mendukung kita untuk belajar, lakukanlah.

6. Eksplor cara lain untuk belajar

Belajar di rumah bukan berarti belajar sendirian dan hanya baca buku saja. Di era serba digital seperti sekarang, tentu sangat mungkin bila kita belajar lewat instrumen pembelajaran yang lain seperti video, podcast, alat peraga jika punya, dan lain-lain. Cara lainnya adalah dengan belajar kelompok. Undang teman-teman untuk belajar bersama di satu rumah. Jika tidak memungkinkan, adakanlah panggilan video dengan mereka atau sesederhana menelepon bersama-sama. Dengan begitu, diskusi dapat terjadi dan ilmu pun bertambah karena kita telah mendengarkan penjelasan dan opini dari teman-teman.

7. Jangan lupa istirahat

Mungkin terdengar sepele, tetapi istirahat adalah hal yang paling penting dari semua tips belajar di rumah yang telah dijabarkan di atas. Jika kita kurang istirahat, otak akan kelelahan dan sulit untuk menyerap materi pelajaran dengan baik. Jika kita kurang makan dan minum, tubuh akan sulit fokus dan membuat sesi belajar kita menjadi berantakan. Istirahat juga bukan hanya soal makan, minum, dan tidur yang teratur, melainkan juga soal bagaimana kita memberikan tubuh dan pikiran kita rehat sejenak dari rutinitas belajar kita. Kita butuh pikiran yang segar agar materi pelajaran masuk dengan mudah. Jika kita terus-terusan belajar, otak dan tubuh akan kelelahan. Akibatnya proses belajar menjadi tidak efektif lagi.

Itulah tadi tips-tips belajar di rumah pada masa pandemi. Terdengar mudah untuk dilakukan, tetapi tentu bicara lebih mudah dari melakukan. Ada kalanya belajar di rumah menjadi jenuh dan tidak lagi menarik perhatian. Sulit rasanya untuk tetap pada rencana dan jadwal yang dibuat. Distraksi kadang terjadi dan sulit dihindari. Rasa malas juga kadang datang tanpa diundang. Kadang sulit juga memahami materi yang diberikan guru melalui daring.Tapi tenang saja, KawanPintar siap membantu kamu yang kesulitan ketika belajar sendirian di rumah. Tutor-tutor berkualitas dari perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia yang diseleksi secara ketat oleh tim KawanPintar akan dengan sigap membantu kamu mengatasi kesulitan-kesulitan ketika belajar sendiri di rumah. Yuk, atasi kesulitan belajar dengan KawanPintar sekarang!

Penulis: Nadhifa Putri Syafiera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *